ariecandra blog!

Minggu, 02 Maret 2008

Hindari Enterobacter sakazakii

daripada ribut-ribut terus membahas si bakteri ini, mending kita cari tahu gimana caranya menghindari infeksi bakteri ini.
berikut ini cara mencegah infeksi bakteri E. sakazakii yang saya peroleh dari website tetangga :

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa susu kaleng yang beredar di Indonesia ada yang tercemar oleh bakteri Enterobacter sakazakii.
Bakteri E. sakazakii adalah bakteri yang dapat menghasilkan zat beracun (enterotoksin). Selain itu, E. sakazakii digolongkan ke dalam jenis bakteri ganas karena kemampuannya mempengaruhi jenis bakteri lain, misalnya E. coli (bakteri yang normal terdapat dalam usus manusia), untuk memproduksi racun yang sama.
Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini jarang terjadi dan lebih sering mengenai anak-anak. Gejala yang timbul akibat infeksi bakteri ini adalah nafsu makan hilang dan suhu tubuh terganggu. Infeksi berat dapat mengakibatkan radang selaput otak (meningitis) sehingga mengganggu sistim saraf pusat, bahkan kematian.
Bakteri ini dapat hidup di berbagai media yang cocok, bukan hanya pada susu formula. Tetapi, karena susu formula banyak dikonsumsi anak-anak, maka keberadaan E. sakazakii di dalam susu formula menjadi perhatian serius banyak peneliti dan praktisi kesehatan.
Walaupun dipanaskan, susu formula biasanya tidak melewati proses sterilisasi. Pemanasan hanya bertujuan untuk mengubah bentuk susu dari cair menjadi susu bubuk dengan kadar air yang diinginkan (dibawah 5%). Oleh karena itulah, proses pemanasan susu tidak mampu membunuh E. sakazakii.
Sumber pencemaran susu formula oleh E. sakazakii antara lain :
Bahan baku susu atau bahan tambahan lainnya.
Peralatan untuk pengolahan susu.
Kemasan susu
Kebersihan tempat dan petugas.
Cara untuk menghindari infeksi E. sakazakii di rumah tangga :
Buatlah susu dengan porsi sekali habis.
Persiapkan susu dengan cara yang benar yaitu air dididihkan, setelah itu didinginkan hingga suhunya sekitar 70 derajat Celcius. Baru kemudian dicampurkan dengan susu formula. Bakteri E. sakazakii akan mati pada suhu di atas 60 derajat Celcius.
Jangan membiarkan susu yang telah dibuat disimpan terlalu lama baru diberikan pada anak. Waktu penyimpanan sebaiknya tidak melebihi 4 jam.

(http://www.wartamedika.com/2008/02/enterobacter-sakazakii-di-dalam-susu.html)
posted by ariecandra at 12.49

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home